Panduan Cara Memeriksa / Menyetel Katup Pada Mesin Sepeda Motor Khusus Untuk Pemula

Menyetel Katup - Katup adalah satu komponen pada mesin bensin 4 tak yang memiliki fungsi sebagai penutup dan pembuka saluran masuk ( intake ) dan saluran buang ( exit ) pada ruang bahan bakar.

Katup pada setiap ruang bakar terdapat dua jenis yaitu katup masuk dan katup buang. Sedangkan jumlahnya beragam, normalnya pada mesin sepeda motor 125 CC jumlah katupnya 2 yaitu 1 untuk katup masuk dan 1 untuk katup buang. Namun pada mesin sepeda motor sport yang memiliki kubikasi lebih besar, jumlah katupnya 4 buah yaitu 2 katup masuk dan 2 katup buang. 

Kerja katup yaitu hanya naik dan turun, yang mana naik untuk menutup dan turun untuk membuka. Pengaturan gerakan katup ini dilakukan oleh mekanisme katup poros cam ( camshaft ) yang bergerak memutar menekan ujung batang katup. 

Menyetel katup adalah istilah umum yang digunakan untuk pekerjaan melakukan penyetelan kerenggangan (celah ) antara katup dengan penekan katup. Celah katup ini akan berubah seiring dengan waktu pemakaian mesin, karena ketika mesin berkerja bagian-bagian yang bergerak antara lain katup dan mekanismenya akan mengalami keausan akibat gesekan dengan komponen lain.

Perubahan celah katup ini tentu saja akan mempengaruhi kinerja mesin karena akan mempengaruhi efisiensi volumetric silinder, sehingga pekerjaan menyetel katup menjadi sangat penting bagi mesin demi mempertahankan kinerja mesin Penyetelan katup dilakukan secara periodic sesuai dengan karakteristik mesin, adapun langkah-langkah penyetelan katup adalah sebagai berikut:

Cara Menyetel Katup Pada Mesin Sepeda Motor Khusus Untuk Pemula.

1. Putar Poros Engkol Untuk Hingga Piston TOP Kompres

putar poros engkol cara menyetel katup sepeda motor
Memutar poros engkol searah putaran mesin dan  menepatkan poros engkol untuk mengatur  piston pada posisi top (akhir langkah kompresi). Ini bisa dilihat dengan cara  memeriksa tanda “T” pada roda gaya magnet tepat pada garis penyesuai pada rumah magnet. Selain itu bisa juga dengan menggerakkan kedua katup yang mana katup masuk dan buang pada kondisi bebas.

2. Melihat Tanda Top Kompres Pada Gigi Sproket

melihat tanda top cara menyetel katup sepeda motor


Pada beberapa type kendaraan ada yang menggunakan tanda pada sprocket camshaft untuk memposisikan piston pada posisi top kompresi. Caranya  yaitu dengan  memutar poros engkol searah putaran mesin sampai tanda di sprocket segaris dengan tanda di rumahnya (pada kepala silinder) seperti yang terlihat pada gambar di atas.

3. Melakukan Pemeriksaan / Penyetelan Katup

melakukan penyetelan katup

Memeriksa / menyetel celah katup dilakukan dengan menggunakan beberapa peralatan yaitu feeler, kunci penyetel katup  dan kunci ring. Penyetelan dilakukan dengan terlebih dahulu mengendorkan mur pengikat baut penyetel (penekan) katup  menggunakan kunci ring.  Kemudian memasukkan  feeler gauge dan memutar sekrup penyetel dengan menggunakan kunci penyetel. 

Setelah dirasa setelan tepat, tahan sekrup penyetel dan kencangkan mur pengikatnya. Penyetelan celah katup yang tepat bisa diketahui apabila saat feeler gauge ditarik terasa agak seret namun tidak sampai tergores.

memeriksa celah katup



Itulah langkah - langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyetal celah katup pada mesin sepeda motor. Tidak banyak alat yang digunakan dan kami yakin ini sangat mudah untuk dilakukan bagi para pemula. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel