Cara Mengatasi Standar Tengah Matic Honda Yang Sering Macet / Seret

Setiap sepeda motor dilengkapi dengan 2 ( dua ) standar yaitu 1 standar samping sebelah kiri dan 1 standar tengah. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penahan sepeda motor saat ditinggal / diparkirkan.


Pemakaian kedua standar ini biasanya tergantung kondisi. Jika hanya untuk menahan, bisanya hanya menggunakan standar samping saja sudah cukup. Namun jika diperlukan untuk memutar roda belakang, maka gunakanlah standar tengah.

Baik itu sepeda motor bebek ataupun matic, keduanya juga sama - sama dilengkapi dengan 2 standar yang kami sebutkan diatas. Letak standar tengah yang persis dibawah mesin mengakibatkan sering mengalami masalah.

Salah satunya yaitu standar tengah pada sepeda motor Matic Honda yang sering mengalami macet / seret. Penulis sendiri juga pernah mengalami masalah seperti ini pada sepeda motor Honda Beat yang sangat menjengkelkan.

Namun jangan khawatir, ternyata ada cara yang bisa dilakukan agar standar tengah ini bisa bergerak normal kembali tanpa proses yang terbilang begitu susah. Kami beranggapan cara ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.


Cara Mengatasi Standar Tengah Matic Honda Yang Sering Macet / Seret


Kami kutip dari postingan Angga Nur Hidayat seorang mekanik sepeda motor, untuk mengatasi standar tengah matic Honda yang sering macet / seret yaitu dengan cara di bor. 

mengatasi standar tengah matic honda yang sering macet / seret



Solusi yg saya share kali ini cukup bor sajah 3 lubang setelah itu bilas pake air biasa sajah biar karatnya turun sambil digoyang - goyang besar kemungkinan standar akan normal kembali.

Jangan gunakan pelumas atau anti karat saat pembilasan pertama, cukup dengan air saja. Pelumas atau anti karat digunakan setelah standar kembali normal.

Mungkin tiap mekanik punya cara sendiri, ada yang menggunakan pengerjaan panas atau di gerinda. 
Saya hanya membagikan cara pengerjaan yg aman buat mekanik. Penggunaan gerinda lebih beresiko dibanding bor.

Kecuali as bengkok atau macet yg sangat parah , baru menggunakan  gerinda. Selamat mencoba. 70 % cara ini sangat efektif aman cepat dan mudah. Salam mekanik indonesia semoga sejahtera semua.

tips mengatasi standar honda macet


Itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi standar tengah sepeda Motor Matic Honda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel