Pengertian, Penjelasan Dan Penerapan 5 S / 5 R Pada Teknik Sepeda Motor

5S / 5 R - Kelancaran bekerja sangat ditentukan banyak faktor, salah satunya adalah kondisi bengkel yang bersih dan rapi. Budaya ini sangat ditekankan oleh perusahaan - perusahaan Jepang, termasuk didalamnya yaitu perusahaan - perusahaan otomotif.

Hingga pada akhirnya kebiasan ini menjadi sebuah filosofi yang wajib dijalankan pada bengkel - bengkel otomotif yang ada di Indonesia. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa filosofi ini benar - benar sangat menguntungkan semua pihak jika dijalankan oleh semua karyawan.

A. Pengertian 5 S

5S adalah salah satu element penting dalam mewujudkan ruang (lingkungan) kerja yang nyaman. Jika lingkungan kerja kotor dan peralatan kerja berserakan dan tidak tersusun dengan rapi, maka akan dapat berpengaruh pada efisiensi dan keselamatan kerja. Selain itu, konsumen yang datang tentunya
juga akan meragukan kualitas hasil kerja dari bengkel tersebut.

Filosofi 5S diambil dari bahasa jepang, yaitu


  1. Seiri  (  Ringkas ) 
  2. Seiton  ( Ringkas ) 
  3. Seiso ( Resik ) 
  4. Seiketsu ( Rawat ) 
  5. Shitsuke ( Rajin ) 
Dan jika diartikan ke bahasa Indonesia, ternyata semua 5 kata bahasa Jepang tersebut memiliki arti dengan awalan kalimat "R". Sehingga di Indonesia sendiri 5S juga familier dengan sebutan 5R. 

Secara umum, penerapan filosofi 5S/5R pada tempat kerja yaitu :
  • Efisiensi kerja meningkat
  • Meningkatkan keselamatan kerja dan mencegah terjadinya kecelakaan


B. Penjelasan 5S / 5R

1. Ringkas / memilih (Seiri)

filosofi ringkas

Ringkas adalah kegiatan yang bertujuan untuk memisahkan hal-hal yang diperlukan dari hal-hal yang
tidak diperlukan dan membuang hal-hal yang tidak diperlukan tersebut pada tempat yang sudah disediakan oleh bengkel sesuai dengan kriteria sampah tersebut. 


2. Rapi (Seiton)

filosofi rapi

Merapikan adalah suatu kegiatan untuk menentukan lokasi dan cara untuk menyimpan alat atau bahan yang diperlukan / dibutuhkan dan menyediakan petunjuk yang akurat untuk memudahkan identifikasi ketika dibutuhkan. 


3. Resik / Membersihkan (Seisou)

filosofi resik

Membersihkan disini maksudnya adalah aktivitas membersihkan ruang kerja, peralatan kerja dan fasilitas kerja dari debu dan kotoran. Pada waktu yang bersamaan, melakukan pemeriksaan terhadap fungsi dari peralatan dan fasilitas kerja.

4. Rawat (Seiketsu)

filosofi rawat

Merawat adalah suatu kegiatan untuk terus melakukan tindakan ringkas, rapi, resik dari semua orang/ karyawan di perusahaan tersebut. 

5. Rajin (Shitsuke)

filosofi rajin

Kegiatan / tindakan yang rutin dilakukan untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keteraturan, dan selalu mematuhi peraturan - peraturan serta metode – metode kerja yang berlaku.


C. Penerapan 5S / 5R

1. Proses Pemilahan (Seiri)

proses pemilahan

Adalah suatu proses penentuan suatu peralatan atau suku cadang di bengkel apakah termasuk ke dalam kategori bermanfaat atau tidak. Buanglah barang-barang yang tidak diperlukan tanpa berpikir bahwa barang tersebutsuatu saat nanti akan berguna. Simpan barang-barang yang diperlukan dalam wadah penyimpanan yang cocok seperti laci dsb.


2. Proses Merapikan (Seiton)

proses merapikan

Adalah suatu proses penyusunan dan penyimpanan barang-barang secara terorganisasi dengan
mempertimbangkan faktor keamanan dan kemudahan kerja. Pastikan untuk mengembalikan barang-barang yang sudah dipakai ke tempat semula. Hal ini dapat mempermudah mekanik untuk menemukan dan menggunakan barang-barang tersebut.


3. Proses Membersihkan (Seisou)

proses membersihkan

Bersihkan peralatan, perlengkapan, ruang kerja, dan item lainnya dalam sehingga tidak ada debu atau minyak pada mereka. Secara khusus dan secara berkala membersihkan lantai dengan bahan/agen pembersih untuk mencegah kejadian tergelincir saat sedang dipergunakan. Selain itu, membersihkan peralatan, perlengkapan dan fasilitas kerja memungkinkan teknisi untuk mengidentifikasi permasalahan sejak awal.


4. Proses Merawat ( Seiketsu ) 

Ini adalah proses untuk menjaga kondisi seiri, seiton dan seiso sebagai usaha untuk mencegah timbulnya masalah. 


5. Proses Rajin ( Shistuke ) 

Ini adalah sebuah proses yang melibatkan pelatihan kepada setiap karyawan agar merasa bangga dengan diterapkannya filosifi 5S / 5R. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel