Cara Memeriksa Dan Menyetel Rem CBS ( Combi Brake System )

Cara Memeriksa Dan Menyetel Rem CBS ( Combi Brake System )


Combi Brake System - Combi brake system adalah teknologi pengereman sepeda motor yang diciptakan oleh pabrikan. Teknologi CBS telah banyak digunakan diberagam jenis sepeda motor, seperti motor matic dan sport.

Combi brake system diciptakan untuk mengurangi terjadinya kecelakaan tunggal karena pengemudi kurang tepat saat mengoperasikan rem. Seperti kita ketahui bahwa sepeda motor memiliki 2 (dua ) rem yaitu rem depan dan belakang.

Kecelakaan bisa saja terjadi karena pengendara tidak menggunakan teknik pengereman yang tepat. Oleh karena itu, CBS akan bekerja memaksimalkan kerja rem depan dan belakang secara bersamaan agar sepeda motor tetap seimbang ketika rem dioperasikan pada kecepatan tinggi.


A. Apa Itu Rem Combi Brake System ? 


Combi Brake System (CBS)  adalah sistem pengereman yang menggabungkan rem belakang dan rem depan, hanya dengan menekan tuas rem sebelah kiri maka rem depan dan belakang berfungsi secara bersamaan.

Dengan menggunakan rem ini, maka rem depan dan rem belakang akan bekerja secara bersamaan. Jelas, ketika kendaraan dalam kecepatan tinggi ini tidak akan mengakibatkan sepeda motor mengalami ngepot ( bodi membuang ke arah yang tidak menentu ). Pengemudi akan tetap bisa mengendalikan sepeda motornya.

Seiring dengan pemakaian dalam waktu lama, rem CBS akan mengalami pengurangan kwalitas pengereman. Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan dan penyetelan agar rem CBS tetap dalam kondisi prima.

B. Cara Memeriksa Dan Menyetel Rem CBS ( Combi Brake System )

B.1. Pemeriksaan Jarak Main Bebas Knocker

Pemeriksaan Jarak Main Bebas Knocker
  • Lepaskan cover depan setang kemudi. LIHAT Buku Pedoman Reparasi
  • Periksa jarak main bebas antara ujung knocker dan master cylinder dengan feeler gauge. NORMAL : Tidak ada jarak main bebas.
  • Jika ada jarak main bebas, setel kabel penghubung

B.2. Penyetelan Kabel Penghubung

Penyetelan Kabel Penghubung
  • Longgarkan mur pengunci
  • Putar mur penyetel dan setel jarak main bebas antara ujung knocker dan master cylinder. NORMAL : Tidak ada jarak main bebas.
  • Periksa juga bahwa tidak ada jarak main bebas antara knocker pin dan knocker joint
  • Kencangkan mur pengunci. TORSI : 6,4 N.m

B.3. Pemeriksaan Dan Penyetelan Jarak Main Bebas Handle Rem Kiri


Pemeriksaan Dan Penyetelan Jarak Main Bebas Handle Rem Kiri

  • Periksa jarak main bebas handel rem belakang.                                                                    NORMAL : 10 – 20 mm
  • Jika melewati batas servis, lakukan penyetelan pada mur penyetel.
  • Setelah disetel, periksa apakah lampu rem menyala saat rem bekerja. Jika tidak periksa saklar lampu, ganti bila perlu.

Itulah langkah - langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyetel rem combi brake system pada sepeda motor honda. Dan perlu diingat bahwa menjaga keselamatan dan kesehatan kerja adalah hal yang paling utama. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel