Apa Itu Bike Lift ? Calon Mekanik Sepeda Motor Wajib Tahu Ini

apa itu bike lift
Bike Lift - Saat sepeda motor mengalami kerusakan atau melakukan perawatan berkala maka sepeda motor akan diperbaiki oleh mekanik. Metode perbaikan yang digunakan oleh mekanik untuk memperbaiki sepeda motor adalah dengan kondisi sepeda motor tetap dibawah atau diangkat naik.

Ini dilakukan semata - mata adalah untuk mendapatkan posisi kenyamanan dalam bekerja. Pekerjaan yang dilakukan dengan tidak menaikkan sepeda motor akan mengakibatkan mekanik bekerja pada posisi jongkok. Jika hal ini dilakukan dalam waktu yang lama, pasti sangat tidak nyaman dan dapat mengganggu kesehatan mekanik itu sediri.

Oleh karena itu bekerja dengan menaikkan sepeda motor dan sejajar dengan tinggi mekanik adalah salah satu metode yang digunakan pada bengekel - bengkel resemi ATPM. Untuk melakukan teknik tersebut maka dibutuhkan sebuah alat yang bernama Bike Lift.

Apa Itu Bike Lift ? 


Bike lift adalah alat yang digunakan untuk mengangkat sepeda motor dan sekaligus bisa dikatakan sebagai meja kerja. Pekerjaan servis atau perbaikan sepeda motor sebagian besar adalah pekerjaan yang dilakukan dibawah tangan, sehingga untuk mengerjakannya mekanik harus dengan sambil duduk atau jongkok. 

Dengan menggunakan bike lift ketinggian sepeda motor dapat disetel tinggi rendahnya disesuaikan dengan postur tubuh mekanik. Sehingga semua pekerjaan servis maupun perbaikan dapat dikerjakan dengan posisi tubuh yang nyaman tanpa harus jongkok dalam waktu yang lama.

Bike lift sangat penting dalam proses perbaikan untuk dapat mempermudah mekanik dalam proses pengerjaan perbaikan kendaraan sepeda motor. Pada prinsip kerjanya, bike lift sangat mirip dengan dongkrak atau car lift type scissor.

bike lift jenis pneumatic


Bike lift mempunyai dua cara pengoperasiannya yaitu  dengan manual dan otomatis. Untuk mengoperasikan yang jenis manual, mekanik harus menginjak pedal yang terletak dibagian samping bike lift. Sedangkan yang jenis otomatis pengoperasiannya lebih mudah karena cukup dengan menekan tombol yang sudah terhubung dengan mekanisme pneumatic.

Bike lift jenis manual dijual dengan harga kisaran 5 - 6 jutaan, sedangkan untuk yang jenis pneumatic dijual dengan harga 8 - 9 jutaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel