6 Penyebab Oli Mesin Masuk Kedalam Kotak Air Filter ( Saringan Udara ) Sepeda Motor

6 Penyebab Oli Mesin Masuk Kedalam Kotak Air Filter  ( Saringan Udara ) Sepeda Motor


Penyebab Oli Masuk Ke Kotak Saringan Udara - Fungsi filter udara pada sepeda motor adalah untuk menyaring udara yang akan masuk kedalam ruang bakar. Udara yang dihisap berasal dari udara luar ( udara bebas ) dan campuran udara bahan bakar yang ada di crankcase ( ruang mesin ) yang bocor saat langkah kompresi.

Campuran udara dan bahan bakar ini dihisap kembali masuk kedalam ruang bakar melalui saringan udara melalui pipa pengembali ( pipa pernapasan ).

Namun ada beberapa masalah yang terjadi ketika melakukan pembongkaran filter udara dan terdapat banyak oli disana. Lantas apakah masalah yang menyebabkan oli naik ke dalam ruang saringan udara ?

Ada beberapa masalah yang menyebabkan oli mesin naik ke ruang saringan udara, dari yang paling sederhana hingga kerusakan berat yang menghantui para pemilik sepeda motor.

Berikut ini ulasan dari kami mengenai 6 penyebab oli mesin masuk kedalam saringan udara sepeda motor.

Peyebab 1. Kelebihan Mengisi Oli

Ini adalah penyebab pertama yang mengakibatkan oli masuk kedalam ruang saringan udara. Oli yang berlebih pada mesin akan terhisap masuk kedalam saringan udara melalui pipa pernapasan mesin.

pipa pernafasan rusak penyebab oli mesin masuk ke kotak saringan udara


Penyebab 2.  Saringan Udara Sangat Kotor / Kualitas Buruk

Saringan udara yang kotor akan menyebabkan udara dari luar akan terhambat masuk.  Akibatnya saat mesin melakukan langkah hisap, yang terhisap malah oli yang berada di mesin. Lagi - lagi ini karena ruang mesin terhubung dengan selang pernapasan ( poin no 1 ). 


Penyebab 3. Lubang Saringan Udara Terlalu Rapat

Udara bebas akan masuk melalu lubang pada sariangan udara. Jika lubang ini tertutup rapat, ini sama artinya dengan yang terjadi pada penyebab  kedua. Karena tidak ada udara yang terhisap, maka oli pada mesin yang terhisap dan mengendap didalam ruang saringan udara. 


Penyebab 4. Motor Pernah Jatuh / Roboh

Ya, ini memang sepeleh dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Ketiak motor jatuh / roboh pada posisi tertentu menyebabkan  posisi oli pada mesin menjadi lebih tinggi dibanding saringan udara. Sehingga sesuai dengan hukum fisika bahwa cairan akan mengalir dari lokasi tertinggi ke lokasi terendah. 


Penyebab 5. Saluran Pipa Pernapasan Pada Tutup Kepala Silinder Tersumbat


Pada sepeda motor matic, di tutup silindernya terdapat lubang yang terhubung dengan pipa pernafasan. Jika lubang ini tersumbat, oli yang terhisap kedalam ruang saringan udara tidak akan bisa kembali ke dalam mesin. 

Penyebab 6. Seal Klep Aus, Piston Dan Ring Piston Aus

Ini adalah penyebab terakhir yang kemungkinan menjadi penyebab mengapa oli mesin masuk ke dalam ruang saringan udara. Sangat tragis memang jika ini terjadi pada sepeda motor kalian, selain   membutuhkan waktu perbaikan yang lama juga membutuhkan biaya yang besar. 

Secara teori, ketika piston dan ring piston aus maka akan terjadi kebocoran didalam ruang bakar. Oli yang naik kedalam ruanbakar akan keluar melalui celah seal katup yang sudah aus. Sehingga pada bagian atas mesin terjadi penumpukan oli. Penumpkan ini akan menyebabkan oli ikut terhisap kedalam ruang saringan udara. 


Nah itulah 6 penyebab oli mesin masuk kedalam kotak saringan udara sepeda motor. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel