5 Penyebab Rem Depan Sepeda Motor Ndut-Ndutan Yang Bikin Oleng Dan Susah Dikendalikan

Penyebab rem depan sepeda motor ndut-ndutan dan susah dikendalikan



Rem Depan Ndut-Ndutan - Rem merupakan komponen penting bagi sepeda motor. Rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan dan memberhentikan kendaraan sesuai dengan keinginan pengendara.

Pada sepeda motor terdapat 2 ( dua ) rem yaitu rem depan dan rem belakang. Pada umunya, rem depan menggunakan jenis piringan ( disk ) yang bekerja secara hidrolik. Sedangkan rem belakang menggunakan jenis tromol yang bekerja secara mekanis.

Untuk mengaktifkan rem depan, pengendara harus menekan tuas rem yang ada pada stang bagian kanan. Sedangkan untuk mengaktifkan rem belakang jenis motor bebek, pengendara harus menginjak pedal rem pada bagian sebelah kanan juga.

Beberapa masalah yang sering menimpa rem depan sepeda motor adalah kinerja rem yang ndut-ndutan atau tidak pakam. Ini menyebabkan kendaraan  tidak langsung berhenti, melainkan roda depan bergoyang dan ini sangat sulit dikendalikan jika sepeda motor dalam kecepatan tinggi.

Dari beberapa kasus teman saya yang mengalami ini pada motor Vixion nya, awalnya sangat sulit mendeteksi kerusakan jenis ini. Hampir semua komponen sepeda motor pada bagian roda depan diganti dan diperiksa namun hasilnya nihil.

Berikut ini adalah penyebab rem depan sepeda motor ndut-ndutan yang bikin oleng dan susah dikendalikan.


1. Piringan Rem Baling ( Tidak Rata )

Piringan adalah komponen inti pada rem depan, yang mana komponen ini tidak boleh ada kebalingan yang melebihi batas standar. Jika piringan rem baling, maka ketika rem ditekan akan terjadi tekanan yang tidak merata dan menyebabkan roda depan menjadi bergoyang dan sulit dikendalikan. 

Jika piringan baling, maka solusinya adalah diganti dengan yang baru. Bisa dengan mengepresnya, namun itu tidak ada jaminan piringan akan kembali pada posisi normal. 


2. Kampas Rem tidak rata

Kampas rem yang tidak merata juga menjadi salah satu penyabab mengapa rem depan ndut-ndutan. Fungsi kampas rem adalah menekan piringan rem. Jika bagian face kampas rem tidak rata maka ketika rem ditekan, piringan rem tidak mendapatkan tekanan yang rata. 

Solusinya kampas rem harus diganti dengan yang baru. Ini tidak dapat diperbaiki dan harganya juga lumayan terjangkau. 


3. As Roda Bengkok

As roda depan adalah poros tumpuan roda depan ( sebagai dudukan roda depan ). Jika as roda depan bengkok, ini akan mengakibatkan velg tidak berputar sempurna. 

Velg yang tidak berputar sempurna akan mengakibatkan piringan cakram juga menjadi berputar tidak sempurna dan mendapat tekanan yang tidak merata saat rem depan ditekan. 

4. Shock Depan Bermasalah

Sock yang berfungsi sebagai peredam saat kendaraan mengalami getaran yang kuat juga bisa menjadi pemicu rem depan ndut-ndutan. 

Saat rem depan ditekan, maka secara hukum fisika semua gaya yang ada akan ditumpu oleh bagian depan. Dan ini harus bisa diredam dengan baik oleh sock depan. 

5. Dudukan Piringan Cakram Baling ( Tidak Rata )

Ini mungkin agak jarang terjadi, mengingat dudukan piringan berada di velg. Dan jika velg tidak bermasalah, maka kemungkinan kecil ini bisa terjadi. 

Namun tunggu dulu, dari penuturan teman saya yang mengalami masalah rem ndut-ndutan ternyata masalah pada dudukan piringan pada velg yang tidak rata. Ia menceritakan untuk menemukan masalah ini memakan waktu yang lama dan biaya yang banyak karena harus mengganti piringan rem, kampas rem dan penyetelan sock depan. 


Jadi itulah beberapa masalah penyebab mengapa rem depan mengalami ndut-ndutan. Segeralah lakukan perbaikan agar tidak menimbulkan bahaya ketika sepeda motor dikendarai dalam kencepatan tinggi.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel