Perbedaan Sistem Pendingin Udara Alami Dengan Paksa Pada Mesin Sepeda Motor

Salah jenis sistem pendingin yang ada di mesin sepeda motor adalah sistem pendinginan yang mengandalkan udara. Dimana pada jenis sistem pendinginan ini, mesin memanfaatkan udara disekiar untuk membantu mendinginkan panas pada mesin yang ditimbulkan oleh akibat proses pembakaran. 

Sistem pendingin udara pada mesin sepeda motor terbagi menjadi 2 ( dua ) jenis yaitu : 


Sistem Pendinginan Udara Alamiah

Sistem pendinginan udara alamiah adalah Merupakan sistem pendinginan dengan menggunakan aliranudara yang berembus melewati mesin sewaktu sepeda motorberjalan dengan laju.


Sistem pendinginan udara alamiah mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dari sistem pendinginan alamiah adalah:

1. Motornya ringan
2. Harganya murah
3. Komponennya sederhana

Sedangkan kekurangannya sistem pendinginan alamiah adalah:

1. Proses pendinginannya kurang merata
2. Suara motor keras, karena getaran dari sirip-sirip pendingin motor, untuk itulah dipakai karet peredam pada sirip, agar getarannya tidak keras.

Adapun temperature kerja dari motor sistem pendinginan alamiah cenderung tinggi, kurang lebih 100 – 130 ° celcius. Sistem pendinginan ini banyak digunakan oleh sepeda motor, mengingat konstruksinya motor harus berada di luar langsung bersinggungan dengan udara luar.

Sistem pendinginan udara ventilasi atau paksa adalah: Sistem pendinginan dengan menggunakan suatu alatsemacam kipas angin, putaran kipas akan menekan angin, sehingga angin bersikulasi melalui sirip-sirip. Sistem ini tetap bisadigunakan walaupun sepeda motor dalam keadaan berhenti.

Sistem Pendinginan Udara Paksa

Cara kerja sistem pendinginan paksa adalah, pada saat motor hidup maka kipas yang digerakkan oleh poros engkol berputar dan menghisap selanjutnya menekan udara menuju sudu-sudu penghantar menuju sirip-sirip kepala silinder dan blok silinder.


Untuk sistem pendinginan udara paksa ini memiliki keuntungan di banding sistem pendinginan udara alamiah. 

Keuntungannya adalah:

1. Pendinginannya lebih merata dibanding pendinginan udara alamiah.
2. Baik untuk motor-motor stasioner, karena sederhana tanpa perawatan.

Sistem pendinginan udara paksa ini, biasanya dipakai pada sepeda motor atau mobil yang mesinnya tertutup atau tidak langsung bersinggungan dengan udara luar langsung mengingat konstruksi sistem pendinginan memungkinkan dan dirancang khusus untuk pendinginan udara yang letak mesinnya tertutup.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel