Rifat : JARAK IDEAL KENDARAAN SAAT MUDIK PADAT KENDARAAN


Rifat Sungkar selaku salah satu pendiri Rifat Drive Labs, sebuah lembaga keselamatan berkendara ini menuturkan.

Menjelang hari Raya Idul fitri volume kendaraan yang melakukan perjalanan mengalami peningkatan, baik perjalanan pendek atau perjalanan panjang seperti pulang kampung.

"Padatnya kendaraan tentu harus menjadi perhatian pengendara untuk memperhitungkan laju kecepatan dan menjaga jarak aman dengan kendaraan lainnya agar terhindar dari kecelakaan," kara Rifat Sungkar, salah satu pendiri Rifat Drive Labs, sebuah lembaga keselamatan berkendara mengingatkan

Sebenarnya berapa kecepatan kita ketika berkendara, dan berapa pula jarak aman kita dengan kendaraan di depan? Tanpa kita sadari ketika berkendara kita berhadapan dengan ruang dan waktu. Dengan kecepatan 100 km/jam, maka setiap detik kita sudah berpindah sejauh 27,7 m/detik.

Manusia memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan suatu kondisi, namun hal itu pun memerlukan waktu. Dalam contoh kasus pengereman mendadak, ternyata dari mata melihat dilanjutkan ke otak untuk memerintahkan kaki menginjak pedal rem itu sudah membutuhkan waktu 0,5 sampai 1 detik. Kemudian ketika pedal rem sudah diinjak dan mekanismenya bekerja untuk menahan putaran roda itu juga membutuhkan waktu 0,5 sampai 1 detik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel