Cara Memeriksa Tutup Radiator Sepeda Motor

Radiator adalah salah satu komponen yang terdapat pada sistem pendingin air. Radiator berfungsi membantu mendinginkan air yang panas berasal dari mesin untuk disirkulasikan dan didinginkan oleh hembusan udara.

Pada radiator terdapat tutup radiator yang memiliki fungsi penting akan kinerja sistem pendingin. Walaupun terkesan sederhana, tutup radiator tidak boleh diabaikan karena pada tutup ini terdapat 2 katup yaitu katup tekan dan katup vakum. 

Kerusakan yang sering terjadi pada tutup radiator adalah kerusakan diantara kedua katup tersebut. Hal ini sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan mesin mengalami panas berlebih ( over heating ). Oleh sebab itu, jika mesin Anda mengalami masalah diatas, maka lakukanlah pemeriksaan pada tutup radiator. 


Cara Memeriksa Tutup Radiator Sistem Pendingin Sepeda Motor

Sebelum memeriksa tutup radiator, perhatikanlah keselamatan kerja dengan tidak membuka tutup radiator pada saat mesin dalam kondisi sangat panas, ini karena  air pendingin yang bertekanan
dapat menyembur keluar.

  • Pasang pengetes dan beri tekanan sesuai dengan yang tertulis pada tutup radiator. Dilarang memberi tekanan yang melebihi dari yang tertulis pada tutup radiator.
cara memeriksa tutup radiator

  • Periksa kondisi bagian-bagian tutup radiator yaitu kerja katup tekan dan kerja katup vakum.
tutup radiator dibersihkan

  • Cuci tutup radiator yang kotor dengan air
tutup radiator diperiksa
Pasang pengetes pada tutup radiator. Pilih leher pipa adaptor yang kedalamannya sesuai dengan tutup radiator.
mengets tutup radiator
Beri tekanan pada tutup sampai katup pelepas mulai membuka. Bandingkan tekanan dengan yang tertulis pada tutup. Tunggu beberapa detik, tekanan tidak boleh turun cepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel