CARA TEPAT MEMANASKAN MESIN INJEKSI/EFI



Kendaraan modern saat ini memang dirancang minim perawatan. Tapi kita juga harus memperhatikan beberapa aspek utamanya dalam pemanasan saat mesin dalam keadaan dingin rata rata orang memanaskan mesin masih menggunakan cara lama Kebiasaan yang masih belum bisa ditinggalkan oleh pemilik mobil hingga saat ini adalah memanaskan mesin sebelumberangkat, terutama sebelum berangkat di pagi hari atau mesindalam keadaan dingin. 

Banyak alasan yang melatarbelakangi perilaku tersebut, diantaranyaadalah agar mesin mencapai suhu kerja ideal sebelum mobil siapdikemudikan, agar oli bisa bersirkulasi dengan baik ke seluruh bagianmesin dan untuk tujuan kelistrikan.Perlukah 'budaya' tersebut dipertahankan hingga sekarang? Pada zaman dulu, terutama sebelum tahun '90-an, teknologi mesin mobilbelum secanggih dan sepresisi sekarang. Celah antar komponen masihcukup lebar dan material penyusun pun masih sederhana. Saat itu pemanasan mesin diperlukan agar komponen-komponen memuai danberada di bentuk yang ideal, agar kinerja mesin bisa optimal.Begitupun dengan oli yang digunakan oleh mesin-mesin modern yanglebih encer, sehingga memudahkan distribusi pelumas secara meratadalam waktu singkat. Sistem kelistrikan mesin mobil saat ini jugamakin disempurnakan. Untuk mesin-mesin lama, komponen kelistrikanseperti alternator, regulator, dan aki membutuhkan pemanasan mesinterlebih dahulu untuk memproduksi dan menyimpan listrik.


Dari penjelasan di atas cukup memberikan alasan bahwa pemanasanmesin sudah tak relevan lagi di zaman sekarang ini. Namun demikian,masih ada beberapa fakta di lapangan yang menunjukkan bahwapemanasan mesin terkadang masih diperlukan agar kinerja mesin lebihstabil. Dan jika hal ini terjadi maka sebaiknya para pemilik mobilmulai melakukan maintenance kendaraan secara rutin.So, jika Anda masih ingin mempertahankan 'tradisi' memanaskan mobilselama bermenit-menit, walau mobil Anda tergolong supercanggih, halitu sah-sah saja. Ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapaefek negatif yang ditimbulkan oleh 'tradisi' pemanasan mobil. Mesinberputar dalam keadaan diam adalah sebuah tindakan pemborosan.Semakin lama mesin dipanaskan, maka semakin besar pula kerugianyang dihasilkan akibat pemborosan BBM dan juga waktu. Selain itu,pemanasan mobil akan menebar polutan di lingkungan sekitar, apalagijika dilakukan dalam ruangan yang tertutup seperti garasi. Sanga tmembahayakan bukan?


Pemanasan mesin yang terlalu lama akan menimbulkan dampak yangnegatif, yaitu boros bahan bakar karena terbakar percuma,lingkungan rumah menjadi tercemar oleh gas buang, dan mesin mobilcepat timbul kerak akibat campuran udara dan bensin pada mesinmobil.Ada beberapa langkah yang benar menghidupkan dan memanaskanmesin EFI pada mobil kesayangan anda :Pastikan posisi transmisi dalam keadaan netral, hidupkan mesin tanpamenekan pedal gas sama sekali.Biarkan sampai putaran mesin menurun sekitar 5 – 10 detik semenjakmesin dihidupkan.Jalankan mobil secara perlahan-lahan dengan kecepatan normal(putaran mesin berkisar 2000 – 3000 rpm).Mesin EFI pada mobil tetap memerlukan pemanasan, namun langkah
yang benar adalah tidak melakukan pemanasan secara stasioner (diamdi tempat), dan jangan panaskan mesin terlalu lama.


Sumber :http://www.otocare.net/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel